“Wujudkan Pramuka sebagai Pelaku Perubahan untuk Membangun Bangsa yang Bermartabat”
javascript:void(0)

Rabu, Juni 09, 2010

Ketua Komite Kepanduan Asia-Pasifik Bakal Jadi Wakil Presiden Filipina

oleh: Berthold Sinaulan

Setelah sebulan berlangsungnya Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Filipina, pagi ini (Rabu, 9 Juni 2010), saya menerima kabar dari Abdullah Rasheed, Direktur Regional Biro Kepanduan Asia-Pasifik yang berkantor di Manila, Filipina.

Kabar yang dikirim melalui e-mail ke semua anggota Subkomite Scouting's Profile (istilah di kepanduan untuk menamakan subkomite Kehumasan/Public Relations) Kepanduan Asia-Pasifik, di mana saya menjadi wakil ketuanya untuk masa bakti 2009-2012 adalah sebagai berikut:

"This is just to let you know the good news about the recent Philippine national elections held on 10 May 2010. The official result for the position of the Vice President has just been released and Regional Scout Committee Chairman Hon. Jejomar C. Binay, who contested for the position has been declared the winner. He is therefore going to be the next Vice President of the Republic of the Philippines for which I am sure we are all happy and overwhelmed".

Kalau diterjemahkan kira-kira isinya mengabarkan tentang hasil Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Filipina. Seperti sudah diketahui melalui banyak media massa, Presiden Filipina terpilih adalah Benigno Aquino III, anak dari mantan Presiden Cory Aquino. Sedangkan Wakil Presidennya, seperti dikabarkan melalui email yang saya terima adalah Jejomar Binay, yang saat ini menjadi Ketua Komite Kepanduan Asia-Pasifik. Sehari-harinya, Binay adalah juga Wali Kota Makati City.

Tentu saja, sebagai anggota Gerakan Pramuka yang juga aktif di kepanduan Asia-Pasifik, saya merasa ikut gembira dengan keberhasilan Binay menjadi Wakil Presiden Filipina. Paling tidak, satu bukti lagi bahwa melalui gerakan pendidikan kepanduan yang di Indonesia dikenal dengan nama Gerakan Pramuka, bisa menghasilkan tokoh yang berprestasi. Selamat untuk Mr. Binay.

Tidak ada komentar: