“Wujudkan Pramuka sebagai Pelaku Perubahan untuk Membangun Bangsa yang Bermartabat”
javascript:void(0)

Rabu, Agustus 19, 2009

Sambutan Presiden Republik Indonesia Pada Upacaa HUT Pramuka Ke-48


Bismillahirahmanirrahim
Assalamualaikum Wr. Wb

Salam Sejahtera untuk kita semua

Para tamu undangan yang saya hormati baik dari dalam maupun dari luar negeri
Para pimpinan Kwartir Gerakan Pramuka baik Pusat maupun Daerah yang saya cintai.
Para peserta upacara sekalian yang saya cintai dan saya banggakan

Pada kesempatan yang bersejarah ini marilah sekali lagi kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, Allah SWT, karena kita semua, dapat menghadiri Peringatan Hari Pramuka ke 48 Tahun 2009. Atas nama Negara dan Pemerintah, saya mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun yang ke 48 kepada Keluarga Besar Gerakan Pramuka di seluruh Tanah Air.

Pengabdian saudara telah tercatat abadi dalam sejarah perjuangan bangsa, saya berharap dengan usianya yang ke 48 ini, Gerakan Pramuka bertambah berjaya dan lebih bisa meningkatkan baktinya kepada bangsa dan Negara tercinta. Pada kesempatan yang baik ini pula, saya ingin mengucapkan selamat kepada semua yang pada hari ini mendapatkan anugerah, tanda penghargaan lencana Pramuka, baik yang berprestasi dari putera puteri bangsa kita maupun para pimpinan gerakan kepanduan Negara-negara sahabat. Kontribusi, prestasi dan jasa saudara juga tercatat oleh sejarah Gerakan Kepramukaan di Indonesia. Oleh karena itu dengan rasa hormat, saya ikut berbangga untuk mengaturkan Lencana Gerakan Pramuka, saya ulangi Lencana Pramuka yang tadi telah kita disaksikan bersama-sama.

Saudara-saudara, saya juga ingin mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kwarnas Gerakan Pramuka atas segala prakarsa, kreatifitas, dan kerja kerasnya yang ditunjukkan selama ini. Gerakan Pramuka kita, setelah kita melaksanakan revilitasi Gerakan Pramuka, kini semakin berkembang dengan baik. Tentu saja apa yang telah dilakukan oleh Gerakan Pramuka ini, diseluruh Indonesia dapat ikut serta meningkatkan karakter dan kepemimpinan bangsa yang tentu saja menjadi kepedulian kita semua dan menjadi agenda penting dari Gerakan Pramuka yang kita jalankan selama ini di negeri tercinta.

Saudara-saudara Gerakan Pramuka tetap penting dan akan semakin penting di masa depan. Oleh karena itu marilah dengan penuh tanggung jawab, kita majukan bersama-sama, kita lakukan berbagai upaya untuk benar-benar memajukan Gerakan Pramuka di seluruh Indonesia. Saya ingin semua pihak ikut memberikan konstribusinya dan saya intruksikan kepada seluruh-seluruh jajaran pemerintah, para menteri, para gubernur, para bupati dan para walikota untuk terus membantu dan memfasilitasi kegiatan Gerakan Pramuka diseluruh Indonesia.

Bantu dengan sumber daya yang dimiliki bukan hanya anggaran tetapi bantuan-bantuan yang lain, sehingga Gerakan Pramuka diseluruh Indonesia akan terus berkembang di masa depan.

Hadirin yang saya hormati, keluarga besar Gerakan Pramuka yang saya cintai.

Kita sedang memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 64. Tadi pagi dihadapan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia saya telah menyampaikan pidato kenegaraan berkaitan dengan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan kita ditahun 2009 ini.

Tema yang saya angkat adalah refleksi kemerdekaan dan perjalanan bangsa sejak 17 Agustus 1945 sampai hari ini dan terus melihat kearah masa depan, saya menggaris bawahi dalam pidato kenegaraan tadi perlunya kita semua sebagai bangsa yang besar untuk bersatu, bangkit dan maju menyongsong masa depan kita, saya ulangi lagi bersatu, bangkit dan maju membangun hari esok yang lebih baik.

Mengapa saya mengingatkan kita mesti bersatu, hanya dengan persatuanlah kita bisa mengatasi segala permasalahan dan tantangan yang dihadapi bangsa kita, hanya dengan persatuanlah kita bisa meningkatkan pembangunan bangsa dan akhirnya meningkatkan kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia.

Satu tahun ini, bangsa kita bisa menyelenggarakan pemilihan umum, dalam pemilihan umum ini, ada jarak yang berbeda diantara warga bangsa karena memang demikianlah keniscayaan sebuah pemilihan umum dalam ruang demokrasi. Saatnya sekarang setelah pemilihan umum selesai kita segera bersatu kembali lebih kompak, lebih erat, untuk bersama-sama membangun bangsa dan negara kita.

Yang kedua mengapa saya katakan harus bangkit, ingat sepuluh sebelas tahun yang lalu, Indonesia mengalami krisis, krisis yang besar, bahkan banyak yang meramalkan yang mencemaskan waktu itu negara kita akan jatuh, akan bubar, akan tertatih-tatih. Tuhan Maha Besar dan bangsa kita dengan keuletan, dengan kegigihan, sekali lagi dengan persatuan, kita bisa mengatasi keadaan dan negara kita tetap tegak berdiri, dari Sabang sampai Marauke, dari Yanmar sampai pulau rute. Sekarang dunia juga menghadapi krisis perekonomian global tetapi bangsa kita tetap memiliki ketahanan yang tinggi, justru disinilah mulai sekaranglah saatnya, dengan kita telah mengatasi krisis masa lalu, dengan kitapun bisa mengatasi dampak krisis global sekarang ini, saatnya dengan pengalaman dan pelajaran besar itu kita benar-benar bangkit diawal abad 21 ini, untuk meningkatkan pembangunan bangsa menuju Indonesia yang lebih aman, lebih adil, lebih demokrasi, dan lebih sejahtera. Dan diatas
segalanya setelah kita bersatu, kita bangkit insya allah dengan ridho Tuhan Yang Maha Kuasa, Allah SWT, bangsa kita akan maju, akan menjadi negara yang maju, bermartabat dan sejahtera di abad 21 ini. Mari kita jemput masa depan itu saudara-saudara, dengan penuh tanggung jawab,

Berkaitan dengan tema besar, Hari Ulang Tahun Kemerdekaan kita tahun 2009 ini saya mendukung tema yang diambil oleh Gerakan Pramuka yaitu Tingkatkan Peran Gerakan Pramuka Dalam Membangun Karakter dan Kepemimpinan Bangsa. Ya membangun karakter dan Kepemimpinan Bangsa untuk menjadi bangsa yang unggul dan maju. Karakter sangat penting, Kepemimpinan juga penting, kita sering mendengarkan carackter building, kita juga sering mendengar Leadership Devolepment, dua-duanya penting. Mengapa bangsa yang menang, bangsa yang unggul, bangsa yang berhasil haruslah memiliki karakter yang unggul pula.

Karakter yang unggul ditentukan oleh kepribadian, oleh mental, oleh watak bangsa itu. Kalau bangsa kita tangguh, kokoh, ulet, tidak mudah menyerah, memiliki semangat yang tinggi untuk maju, maka tidak ada masalah dan tantangan yang tidak bisa kita atasi. Karakter bangsa yang unggul, juga bangsa yang rukun satu sama lain, saling sayang-menyayangi. Bangsa kita yang majemuk, oleh karena itu dengan kemajemukan itu justru kita harus lebih kompak, lebih rukun, lebih bersatu, sebagai salah satu karakter bangsa yang unggul dan bangsa yang unggul, bangsa yang berkarakter adalah terus memajukan dirinya mencari terobosan, berinovasi, berkreasi, bekerja keras, untuk mencapai cita-cita kita semua. Dan diatas segalanya karakter yang baik adalah bangsa yang cinta damai, bukan bangsa yang senang melakukan kekerasan. Disitulah yang kita tekankan jangan pernah melakukan kekerasan dan kejahatan di negeri ini termasuk tindakan terorisme yang tidak berprikemanusiaan.

Menyelesaikan masalah secara damai secara beradab adalah akar dari peradaban, awal green social season marilah kita bangun dan saya ingin Gerakan Pramuka menjadi contoh , menjadi teladan, bangun watak kalian sejak sekarang untuk menjadi putera puteri bangsa yang berkarakter unggul. Yang kedua kepemimpinan, leadership, semua pemimpin, memimpin bagi dirinya, memimpin ditingkat rumah tangga, pemimpin para tingkat RT/RW, kampung desa dan kelurahan, pemimpin daerah, pemimpin masyarakat, pemimpin negara, semua adalah pemimpin . Pemimpin harus memberikan tauladan, pemimpin memberi contoh dan bekerja bersama-sama dengan yang dipimpin, pemimpin memberikan motivasi bagi semuanya.

Saya ingin karakter seperti ini, sifat-sifat kepemimpinan ini sejak dini ditanamkan pada seluruh anggota Gerakan Pramuka. Kalau sejak dini putera puteri kita yang ikut Gerakan Pramuka memiliki karakter yang unggul, di latih bagaimana pemimpin yang lain, memiliki jiwa kepimpinan yang baik, insya allah dengan ridho Tuhan Yang maha Kuasa. Adik-adik Pramuka kelak akan menjadi pemimpin-pemimpin bangsa, tokoh-tokoh masyarakat, putera-puteri yang handal yang akan membawa kemajuan dan kesejahteraan bagi kita semua.

Itulah yang ingin saya sampaikan, jangan menyerah, marilah kita berjuang dengan gigih, masa depan kita indah, cerah, mari kita sambut bersama-sama dengan persatuan, dengan kekompakan, dengan kepemimpinan dan kerja keras. Sekali lagi saatnya bagi bangsa kita, bangsa Indonesia untuk bersatu, bangkit dan maju.

Demikian saudara-saudara Dirgahayu Gerakan Pramuka Republik Indonesia
sekian.

Wassalamualaikum Wr. Wb

Susilo Bambang Yudoyono

Tidak ada komentar: